expr:class='data:blog.pageType' itemscope='' itemtype='http://schema.org/WebPage'>
» » » NGaji Posonan Di Desa Tawangrejo Pati Jawa Tengah (Ramadhan)

Pada Bulan Suci Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pada bulan ini para kaum muslimin melaksanakan puasa Ramadhan dalam rangka menunaikan rukun islam yang ketiga. Puasa memiliki keuntungan-keuntungan diantaranya dilipat gandakan pahalanya apabila kaum muslimin yang berpuasa mau mengerjakan ibadah-ibadah baik wajib maupun sunnah. Masyarakat Desa Tawangrejo memanfaatkannya dengan Ngaji Bareng Di rumah KH. Ahsin Ilyas.

NGaji Posonan Di Desa Tawangrejo Pati Jawa Tengah (Ramadhan)

Kitab Kuning (Kitab Gundul)

Kitab yang digunakan berjudul “Risalah Mu’awanah”. Kitab ini memiliki kertas berwarna kuning, makanya dinamakan kitab kuning. Namun ada yang menggunakan kitab terjemah. Kitab ini tidak berkharokat, oleh karena itu dinamakan Kitab Gundul. Apapun bentuk dan jenisnya, yang terpenting adalah budaya ini wajib selalu dilestarikan.

Alamat KH. Ahsin Ilyas

Rumah KH. Ahsin Ilyas beralamatkan di Desa Tawangrejo RT.2 Rw.6. Komplek MA Roudlotusysyubban Tawangrejo. Atau dekat Yayasan Pendidikan Islam Roudlotusysyubban Tawangrejo. Jika Dari Masjid At-Taqwa Desa Tawangrejo kearah barat, sebelum sawah belok ke Kiri kemudian setelah ketemu pertigaan maka belok kanan. Kurang lebih 60 meter sampai di Rumah Beliau.

Waktu Ngaji Posonan

Waktu Ngaji Posonan Jam 13.30 sampai dengan jam 14.30. Setelah selesai ngaji, sebagian santri Biasanya langsung menuju ke masjid Jami’ At-Taqwa untuk melaksanakan Sholat Ashar. Setelah itu dilanjutkan Ngaji DiMasjid Jami’ AT-Taqwa Desa Tawangrejo. dengan Kitab yang berbeda.

Peserta Ngaji Posonan


Peserta baik dari kalangan muda sampai yang tua, dari ibu-ibu sampai pada santri muda mereka bersama-sama ngaji bareng di Rumah KH. Ahsin Ilyas. Terbagi Menjadi dua majlis Putra di sebelah timur, dan majlis putri disebelah barat dengan menggunakan sekat kain. Untuk jumlahnya kurang lebih ada 150 santri baik tua maupun muda.

About Ravindra Indra

Penulis blog hasil rangkuman berita dari berbagai media masa dan elektronik dan penelusuran sendiri, semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi dan motivasi kepada anda.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments: