» » » PilKades 2014 diundur 1 Tahun

Pemilihan Kepala Desa di masing-masing desa se- kabupaten pati diundur, ini sesuai himbauan dari menteri dalam negeri, walaupun himbauan sifatnya tidak mengikat namun seyogyannya himbauan itu perlu menjadi pertimbangan bahkan perlu untuk dilaksanakan. Alasan diundurnya adalah pemerintah secara nasional akan melaksanakan pemilihan anggota legislatif dan PilPres tahun 2014. Menurut analisa Syaiful Bahari, S.Pd , anggota BPD Desa Tawangrejo didalam rapat koordinasi Anggota BPD Desa Tawangrejo mengatakan bahwa himbauan dari menteri dalam negeri perihal tersebut dikandung maksud agar pelaksanaan PilLeg dan PilPres 2014 berjalan lancar, sebab tidak adanya gesekan dari masyarakat terbawah, yaitu di tingkat desa. Beliau menambahkan yang intinya efek dari PilKades biasanya meninggalkan gesekan, dan ini yang dikhawatirkan akan mengganggu jalannya Pileg dan PilPres 2014. Akhirnya Pilkades diundur. Lantas bagaimana status Kades dimasing-masing desa yang purna tugas pada tahun 2014, kalau diperpanjang tidak mungkin, salah satu solusinya desa mengangkat jabatan PJ sebagai pengganti yang kurang lebih 1 tahun. Yang berhak untuk menjadi PJ adalah dari perangkat atau dari Tokoh Masyarakat dan PNS yang ditunjuk pemerintah kabupaten. Ini tergantung dari keputusan rapat BPD masing-masing. 

Menyikapi hal tersebut diatas maka langkah yang akan diambil BPD Desa Tawangrejo seperti diungkapkan oleh ketua BPD Selamet Riyanto, S.Pd dibantu oleh Wakil BPD Mubasirin, SH, bahwa BPD akan mengirimkan surat pemberitahuan pada bupati yang intinya tentang berakhirnya masa jabatan kepala desa desa Tawangrejo. Kemudian kedua mencoba meminta Bupati untuk memberikan izin untuk melaksanakan PilKades 2014. Mubasirin, SH menambahkan, walaupun itu bertentangan dengan himbauan menteri dalam negeri, namun jika Bupati memberikan izin, maka pilkades sah saja untuk dilaksanakan. Namun jika sampai akhir masa jabatan kepala desa belum ada jawaban dari Bupati, berarti Bupati tidak mengijinkan desa Tawangrejo  untuk melaksanakan pilKades 2014, maka selanjutnya BPD desa Tawangrejo akan mengagendakan untuk menentukan Jabatan PJ yang nantinya akan dilaksanakan awal Pebruari. (Rv-01)

About Ravindra Indra

Penulis blog hasil rangkuman berita dari berbagai media masa dan elektronik dan penelusuran sendiri, semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi dan motivasi kepada anda.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply